Wednesday, November 23, 2011

UTS-Character Building IV

UTS Character Building IV
Senin, 21 November 2011
jam 15.00-16.15 di ruangan L2D no. 45

1) Salah satu alasan yang mendorong peranan etika dalam dunia modern adalah datangnya hantaman gelombang modernisasi. Jelaskan apa pengaruh hantaman gelombang modernisasi terhadap masalah etis yang berkaitan dengan budaya dan moral! (12,5%)

2) Pulau kmoda merupakan salah satu aset pariwisata Indonesia dimana soal ini masih belum terlalu banyak dikenal wisatawan baik luar negeri maupun dalam negeri sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk mengembangkan Pulau Komodo (12,5%)
a) Teori lingkungan apa yang bisa digunakan unutk menjadi dasar pengembangan Pulau Komodo tanpa menimbulkan masalah etis ?
b) Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mengembangkan Pulau Komodo sesuai dengan teori lingkungan hidup yang Anda pilih ?

3) Sebagai seorang Binusian, bagaimana Anda menjalankan tanggung jawab moral terhadap lingkungan kampus Binus dan sekitarnya sehingga dapat tetap nyaman dan bersih serta dapat dipertahankan hingga angkatan mahasiswa yang akan datang ?

4) Saat ini telpon genggam sudah merupakan kebutuhan setiap orang. Hampir setiap orang mempunyai telpon genggam bahkan lebih dari satu jenisnya. Namun seiring meningkatnya pengguna telpon genggan, banyak juga terjadi kasus penipuan lewat sms. Menurut Anda apakah benar semakin banyak yang menggunakan telpon genggam dapat menyebabkan peningkatan kejahatan. Harap dianalisa kebenaran ilmiah pernyataan tersebut berdasarkan teori Pragmatis!

5) Setiap profesi mempunyai ethos kerja masing-masing
a) Pilihlan 1 profesi / pekerjaan yang Anda senangi
b) Berikan penjelaskan ethos kerja seperti apa yang harus dimiliki oleh profesi yang Anda pilih tersebut sesuai dengan 3 prinsip ethos kerja!

No comments: