Tuesday, January 31, 2012

UAS-Current Popular V

Senin, 30 Januari 2012
UAS Current Popular V

10.00 - 11.40 di 428 (no. kursi : 26)

1. Jelaskan apa goals dan objective yang terdapat dalam tugas proyek akhir kalian !

2. Jelaskan learner strategies yang dilakukan terhadap tugas proyek akhir kalian!!

3. Sebutkan prinsip apa saja yang digunakan dalam tugas akhir proyek kalian (basic ataupun advance), serta sebutkan contoh-contohnya!!

kali ini dijawab ahh jawabannyaa...
gw buat disuruh buat aplikasi untuk orang lansia pake ppt... boleh pake yang lain sih cuma lagi ribet ngurusin skripsi jadi buat pake ppt aja yang penting dibagus-bagusin :)


ringkasan UAS : download

jawaban UAS :
1. - goals = design purpose
---> tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah learner mampu untuk membuat akun baru pada Yahoo!, learner mampu untuk membuat pesan, dan learner mampu untuk membaca, membalas, meneruskan dan menghapus pesan yang masuk.
- objective = learning character
---> target learner berusia 50 tahun ke atas, jenis kelamin learner tidak dibatasi, learner dari berbagai kebudayaan bisa menggunakan aplikasi yang dibuat (tidak soal learner merupakan learner yang mandiri atau tidak), learning stylenya assimilator (assimilator : sistem
pembelajaran yang tersusun sesuai dengan teori yang ada, menuntut learner mengikuti petunjuk yang diberikan oleh penulis secara bertahap), learning attitute yang diharapkan oleh penulis adalah willing volunteer (learner harus melakukan beberapa tindakan secara sukarela / tanpa paksaan, seperti memilih beberapa tombol untuk melihat video atau melihat materi jenis lainnya.

2. learning strategies yang dilakukan oleh penulis adalah tutorial. Penulis memilih tutorial karena dalam pembelajaran yang dibuat oleh penulis, penulis menggunakan presentasi, demonstrasi dan practice.
Presentasi digunakan oleh penulis untuk menunjang culture learner yang mandiri sehingga hanya terdiri point dari langkah-langkah yang harus dilakukan. learner pun tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari topik yang ingin dipilihnya.
Demonstrasi yang dilakukan oleh penulis berupa video. Video yang penulis pilih untuk menunjang culture learner yang tidak mandiri sehingga learner mendapat penjelasan yang lebih jelas dan detail apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan suatu aksi.
Practice diberikan kepada learner untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan yang dimiliki oleh learner tentang informasi yang telah diberikan.

3. Prinsip-prinsip yang diambil oleh penulis, antara lain :
- Prinsip multimedia
-- Penulis tidak meggunakan gambar yang tidak berhubungan dengan materi pembelajaran.
-- Pada slide presentasi, penulis lebih memilih menggunakan gambar dibandingkan menggunakan animasi karena mengurangi beban daya ingat learner mengingat target learner yang berusia 50 tahun keatas.
-- Penulis menggunakan gambar untuk menjelaskan materi sehingga materi yang disampaikan lebih jelas.





- Prinsip contiguity (spatial contiguity)
-- Penulis tidak memberikan pop-up baru untuk halaman yang masih saling berhubungan.
-- Penulis tidak memberikan instruksi dan halaman pekerjaan pada lembar yang berbeda.














-- Saat memberikan keterangan pada gambar, penulis menaruh keterangan tidak jauh dari gambar yang dimaksud.





- Prinsip modality
-- Saat menggunakan video, penulis memilih menggunakan audio narasi dibandingkan dengan tulisan text on-screen, mengingat kemampuan learner yang terbatas dalam menangkap informasi yang diberikan.
-- Jika tidak menggunakan video, penulis memilih menggunakan teks yang singkat dibandingkan suara audio sehingga learner dapat mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan secara perlahan.

- Prinsip signaling
-- Penulis memberikan penekanan terhadap informasi yang diberikan dengan memberikan presentasi dan demonstrasi berupa video.











- Prinsip segmenting
-- Penulis membagi pembelajaran menjadi beberapa topik, antara lain : topik membuat email, topic menulis email, dan topic untuk melakukan aksi terhadap pesan masuk.















- Prinsip personalization
-- Penulis menggunakan kata-kata yang sederhana.
-- Penulis menggunakan kata-kata sehari-hari yang sering digunakan, bukan kata baku dan istilah-istilah yang sulit dimengerti.

No comments: