Saturday, February 18, 2012

UAS - Character Building IV

-- maaf baru sempet update, lupa kalau ini belum di update --

Kamis, 09 February 2012
UAS - Character Building IV
08.00 - 09.15 di K1C (No. Kursi : 41)

1. Waktu sangat berkaitan dengan kehidupan manusia itu sendiri, oleh karena itu gunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Apa itu waktu ? dan apa manfaatnya menggunakan waktu dengan baik bagi kehidupan kita ? Jelaskan jawaban anda! (10%)

2. Salah satu kewajiban karyawan terhadap perusahaan adalah kewajiban ketaatan. Namun meski demikian, tidak semua perintah perusahaan wajib ditaati oleh karyawan. Dalam hal apa sajakah karyawan tidak perlu taat pada perintah perusahaan ? (15%)

3. Perusahaan memiliki kewajiban etis untuk menjamin kesehatan dan keselamatan kerja. Apa alasan perusaaan memiliki kewajiban etis tesebut ? Sebutkan dan jelasakan alasan-alasan tersebut! (15%)

Kasus II
(sempet foto lhoo soalnya... pengawasnya melengg)
page 01
page 02









Seorang dosen Pegawai Negeri Sipil RI (PNS) baru bisa membayar listrik ke kantor PLN, PDAM (di kantor Perusahaan Air Minum Daerah), telepon (di loket Perusahaan Umum telepon) yaitu sebelum tanggal tutup pembayaran, tanggal 20 setiaop bulan. Hal ini berlangsung setiap bulan karena honor dosen baru diperoleh pada tanggal 17 atau tanggal 18 setiap bulan.
Pada tanggal 17, 18, 19, 20 adalah tanggal yang sangat tersiksa bagi dosen PNS tersebut. Saat itulah dosen tersebut harus minta izin kepada atasannya dan memohon berlas kasihan mahasiswanya agar dia tidak mengajar alias kuliah pengganti. Hal ini disebabkan antrian yang tidak teratur. Orang-orang pada berdiri di depan loket, dengan menjulurkan tangannya ke loket untuk menyodorkan bukti pembayaran bulan lalu agar diperoleh pembayarannya.
Pelayanan publiknya tidak baik dan pengeras suara tidak ada sementara formulir pendaftaran tidak ada. Terdengar ada yang mengelurh ada yang bercerita tentang hal yang sama, banyak yang menyalahkan bobroknya pelayanan pemerintah kepada rakyatnya dan menyalahkan Presiden, dan banyak yang diam (mungkin sudah kehabisan umpatan atau sudah terbiasa mendapat perlakuan tidak manusiawi).
Pegawai lainnya yang bekerja disitu seperti tidak peduli dengan pemandangan itu, hal ini terlihat ada yang merokok, ada yang mengobrol. Kelihatan mereka juga sudah terbiasa seperti itu.

Pertanyaan :
4. Pada aline ke empat dari cerita diawas, nambah bahwa pegawai yang bekejrja di loket pembayaran PLN, PDAM, dan telepon tersebut tidak menghayati budaya organisasi dengan baik. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya dari antara berbagai faktor tersebut adalah tidak tersosialisasikan dan terinternalisasinya budaya organisasi pada pegawai tersebut. Oleh karena itu maka sosialisasi budaya organisasi sangat penting.
Sebut dan jelaskan tahap-tahap sosialiasi budaya organisasi agar terinternalisasi dengan baik dalam diri para pegawai, sehingga mereka dapat melayani para konsumennya dengan baik. (20%)

5. Ada pandangan yang mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Oleh karena konsumen itu raja, makan ia harus dilayani dengan baik. Oleh karena itu, bagaimanakah sikap pegawai yang bekerja di loket pembayaran tersebut terhadap para konsumennya ? 20%)

6. Sikap pegawai dalam aline keempat diatas dapat membuat perusahaan mengalami kebangkrutan karena ditinggalkan oleh para konsumennya. Konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan pegawai tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan tempat pegawai tersebut bekerja ? Jelaskan jawaban anda. (20%)

No comments: