Wednesday, November 17, 2010

Soal UTS IMK 16-11-2010 PG

1. Disiplin ilmu yg berhubungan dengan : perancangan, evaluasi & implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya adalah definisi IMK menurut ....
a) ACM ISO b) ACM SIGCHI c) ACM WYSIWYG d) ACM INTERFACE

2. Salah satu tujuan rekayasa sistem IMK adalah dimungkinkannya adanya keterpaduan antara sistem paket aplikasi dan software adlaah termasuk...
a) portabilitas b) integritas c) konsistensi d) standarisasi

3. Berikut ini contoh sistem antarmuka untuk sistem eksplorasi, kreatif dan kerjasama kecuali...
a) ensiklopedia b) pembangkit listrik c) web d) pengambilan keputusan bisnis

4. Berikut ini merupakan tujuan profesi IMK, kecuali ....
a) akomodasi keanekaragaman
b) mempengaruhi penelitian akademis dan industri
c) menyediakan alat-alat bantu dan pengetahuan untuk implementator sistem
d) meningkatkan kesadaran akan komputer kepada masyarakat awam

5. Agar kita sukses merancang suatu antarmuka kita harus mengetahui teori tentang perancangan antarmuka. Teori untuk membantu dalam mengamati perilaku pengguna terhadap kebutuhan antarmuka adalah merupakan bagian dari teori...
a) performance b) perceptual c) predictive d) explanatory

6. Pada level 4 pendekatan dari Foley & Van Dam, level yang berhubungan dengan penjelasan tentang sistem interaktif adalah....
a) syntataic level b) sematic level c) conceptual level d) lexical level

7. Prinsip perancangan antarmuka dengan memberikan fasilitas makro untuk mengurangi jumlah langkah dan shortcut melalui menu untuk menyingkat perintah / operasi lebih cocok diberikan kepada...
a) knowledge intermittent users b) expert requent users c) novice d) first-time users

8. Yang termasuk pedoman pengarahan perhatian user menurut W & H dalam merancangang antarmuka adalah...
a) penandaan
b) font
c) blinking
d) audio

9. Salah satu kesulitan dalam merancang sistem antarmuka interaktif adalah bahwa pengguna mungkin tidak memiliki gagasan yg jelas tentang applikasi sistem yang akan dikembangkan. Solusi untuk masalah ini dapat diatasi dengan cara ...
a) ... b)... c) LUCID d) 3 user interface software tools

10. Salah satu kesulitan dalam merancang sistem antarmuka interaktif adalah bahwa pengguna mungkin kurang komunikasi antara pengembang dan klien / pengguna. Solusi untuk masalah ini dapat diatasi dengan cara ...
a) ... b)... c) LUCID d) 3 user interface software tools

11. Mempelajari perilaku, sikap dan karakteristik pengguna, serta mempelajari ruang lingkup tugas yang akan dikerjakan dalam user-centred disebut...
a) fokus awal pada pengguna dan tugas
b) pengukuran empiris
c) pengujian desain interaktif
d) metode observasi

12. Melibatkan pengguna dalam proses perancangan antarmuka bertujuan untuk...
a) mengetahui tingkat kebaruan interface
b)
c)
d)

*maaf ga selesai... wkwkkw waktu abis*

No comments: